Saat penilain atau evaluasi dilaksankan tentu ada rasa cemas dan berdebar. Entah itu evaluasi siswa didik, evaluasi pendidik, evaluasi program dan evaluasi apapun. Yang namanya evaluasi adalah pengulasan tentang segala sesuatu yang telah dijalankan selama kurun waktu tertentu. Sebuah kegiatan yang baik tentu harus dilakukan dengan proses yang baik pula. Adapun kegiatan yang baik adalah didahului dengan adanya perencanaan, bisa dibilang perencanaan adalah separuh dari keberhasilan suatu program kegiatan.
Mengapa demikian?
Perencanaan adalah suatu langkah yang memuat tentang apa dan bagaimana suatu kegiatan itu dilaksanakan. Perencanaan memberikan petunjuk apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan dari suatu kegiatan. Meskipun tidak semua kegiatan harus didahului dengan perencanaan. Namun bagi kita yang ingin berhasil atas apa yang akan menjadi kegiatan kita tentu haruslah direncanakan terlebih dahulu.
Itulah pentingnya suatu perencanaan.
Dalam suatu kegiatan tentu akan ada evaluasi atau penilaian terhadap keberhasilan kegiatan itu.
Sudah sesuaikah hasil yang diperoleh dengan harapan yang sudah direncanakan, sudah mencapai hasil yang optimalkah kegiatan yang dilakukan. Untuk dapat menyimpulkan keberhasilan dari suatu program tentu harus ada evaluasi. dari evaluasi inilah diketahui prosesnya berjalan baik dan benar. Kalaupun ada kendala yang menghadang pada saat proses kegiatan, tentu akan dapat dipelajari langkah-langkah yang harus ditempuh untuk memperbaiki prosesagar kendala dapat dimninimalisir.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar