Selasa, 05 Juni 2018


PEMBELAJARAN TIM PADA SMK

SMK Bisa.... slogan yang sudah membumi di dunia pendidikan memang menimbulkan konsekwensi yang tidak mudah dalam mewujudkannya. Serentetan proses dan manajemen yang perlu pemikiran dan usaha yang keras. Bagi pihak pelaksana lapangan dalam hal ini adalah sekolah dituntut untuk mencetak lulusan yang siap terjun ke dunia kerja.

Untuk menyiapkan peserta didik yang siap kerja tentu dibutuhkan usaha yang kuat dan tepat dalam proses pembelajarannya. Disinilah letak peran penting dari guru/pendidik/tutor/instruktur dalam mensukseskan tujuan pembelajaran. Diperlukan inovasi dalam proses trasfer ilmu dan kreatifitas dari guru produktif, dalam hal ini guru yang mengajar kompetensi kejuruan.

SMK identik dengan pembelajaran praktik. Dalam kegiatan pembelajaran praktik tentu tidak lepas dari peralatan yang digunakan selama proses belajar mengajar. Khusus mata pendidikan dan latihan atau sering disingkat diklat sangat dituntut ketrapilan peserta didik dalam menggunakan peralatan dan melakukan perbaikan kecil. Semakin tinggi jam terbangnya dalam praktik maka akan semakin baik hasilnya.

Kegiatan pembelajaran praktik di bengkel tentu membutuhkan pengawasan dan pembimbingan yang lebih intensif dibandingkan jika pembelajaran dilaksanakan di kelas teori. Disinilah dibutuhkan guru mengajar dengan teknik tim atau dikenal dengan teknik team teaching.

Team teaching adalah pembelajaran yang dilaksanakan oleh dua orang guru atau lebih yang mengajar pada mata diklat, jam, dan kelas yang sama. Pengajaran dengan teknik tim ini membutuhkan persiapan yang lebih matang jika dibandingkan dengan pembelajaran yang dilakukan secara individu atau perorangan. Mulai dari pembuatan rencana pembelajaran atau RPP, proses pembelajaran, sampai pada teknik penilaian yang akan dilakukan untuk menilai keberhasilan pembelajaran praktik, dilakukan secara bersama antara anggota tim.

Musyawarah dalam merencanakan kegiatan pembelajaran, membimbing peserta didik saat praktik, dan penilaian dilakukan secara bersama, inilah bentuk keistimewaan dari pembelajaran teknik team teaching. Selain itu, team teaching juga akan memberikan pembelajaran bagi guru tentang memanage sebuah pembelajaran dengan baik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar